Lismag Pekan ke 6: Arus, Resistansi dan TGL

Assalaamu’alaikum mahasiswa dan mahasiswi yang senester ini mengambil mata kuliah Lismag. Semoga kalian sudah mengerjakan Tugas ke-5.  Bapak ingatkan lagi, jika kalian ingin dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, sebelum kuliah pekan depan kalian harus telah mempelajari dengan baik materi kuliah bab 25 yang berjudul Current, Resistance, and Electromotive Force. Jika pekan lalu kita mempelajari tentang kapasitor, maka pekan ini kita mempelajari tentang arus dan resistor dalam rangkaian listrik.

Arus listrik menunjukkan banyaknya muatan yang bergerak melalui luas tertentu per satuan waktu. Ketika muatan bergerak dalam sebuah rangkaian listrik, energi potensial listrik berpindah dari sumber tegangan ke rangkaian listrik tempat energi tersebut disimpan atau dikonversi ke dalam bentuk energi lain.

Adapun resistansi berasal dari resistivitas, yakni rasio medan listrik terhadap kerapatan arus. Hukum Ohm menyatakan bahwa resistivitas sebuah resistor adalah konstan. Kemudian kita akan membahas tentang persamaan yang terkenal, V = IR. Persamaan ini menyatakan bahwa potensial pada sebuah resistor sebanding dengan arus yang melalui resistor tersebut.

Yang terakhir adalah pembahasan tentang tegangan gerak listrik (TGL) yang di buku Fisika SMA dikenal dengan istilah gaya gerak listrik (GGL). Sebuah rangkaian tertutup yang mengangkut arus yang kontinyu harus mengandung sebuah sumber TGL. Sebuah sumber TGL mempertahankan selisih potensial yang konstan dan mempunyai resistansi dalam.

Video untuk pekan depan bisa disaksikan di tautan berikut:

Current, Resistance dan Ohm’s Law

Seperti biasa, catatan kuliah bisa diunduh di halaman Notes. Sedangkan materi kuliah bisa diunduh di link berikut ini:

Bab 5 Arus Resistansi dan Tegangan Gerak Listrik

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.