Lismag Pekan ke-5: Kapasitansi dan Dielektrika

Assalaamu’alaikum mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil Lismag. Semoga kalian telah mengerjakan secara berkelompok Tugas ke-4. Jika ada soal yang tidak dipahami, silakan ditanyakan dalam pembahasan tugas di ruang kuliah.

Agar dapat mengikuti perkuliahan pekan depan dengan baik, kalian harus mempelajari materi dan catatan kuliah bab 24 Kapasitansi Kapasitor dan Dielektrik sebelum kuliah. Kapasitor adalah sepasang konduktor yang dipisahkan oleh ruang hampa. Jika konduktor kapasitor diberi muatan sama besar tapi berlainan jenis, maka di antara konduktor terdapat medan listrik dan potensial listrik. Kapasitansi sebuah kapasitor dinyatakan sebagai rasio muatan terhadap potensial (Q/V). Kalian akan mempelajari bagaimana cara menghitung muatan dan potensial listrik pada rangkaian kapasitor yang tersambung secara seri dan paralel.

Yang juga penting untuk dipahami adalah peran dielektrik yang mengisi ruang hampa di antara konduktor kapasitor. Video kuliah pekan depan bisa disaksikan pada tautan berikut: Menarik untuk disaksikan demonstrasi praktikum di bagian akhir video.

Video Kuliah Kapasitansi dan Dielektrik

Catatan kuliah pekan depan bisa diunduh di halaman Notes, sedangkan materi kuliah pekan depan bisa diunduh di link di bawah ini:

Bab 4 Kapasitansi dan Dielektrika

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.