About

Mengikat makna adalah sebuah aktivitas yang menggabungkan membaca dan menulis. Ketika kamu selesai membaca koran, majalah, jurnal, makalah, buku atau tulisan apa saja, cobalah untuk ’mengikat’ hasil kegiatan membacamu dengan cara menuliskannya. Orang yang gagal menulis apa yang dia mengerti bukan karena dia tak punya ide dan tak bisa menulis. Terkadang dia juga punya semangat dan gairah. Tapi, kenapa gagal? Karena dia malas dan tak mau membaca sehingga kekurangan atau miskin kata-kata. Kemiskinan kata-kata ini menyulitkannya merumuskan apa yang dia mengerti.

Tuhan melimpahkan kasih sayang kepada hamba-Nya secara unik dan luar biasa lewat membaca (iqra’). Dengan kemampuan membaca, manusia kemudian bisa memiliki derajat di atas malaikat. Dengan kemampuan membaca, seorang manusia dapat mendaki tangga kualitas kehidupan. Manusia dapat menantang dirinya untuk terus mereguk nikmat Tuhan yang tersebar di alam semesta, menjumpai wilayah baru, menyimpan pengetahuan baru dan menjelajahi kehidupan luas yang hampir tidak terbatas (feel so excited for these words).

Setelah kamu selesai membaca, dianjurkan agar deretan teks yang telah selesai dibaca tersebut direnungkan dengan jalan dipertanyakan. Misalnya, dengan bertanya, ”Apa yang kudapat sehabis membaca tiga halaman novel Laskar Pelangi ini, halaman 120-123, apa yang membuatku terkesan?”

Setelah merenung dan bertanya seperti yang dicontohkan, kamu harus melakukan tindakan lebih jauh, yakni ‘mengikat’ atau menuliskan sesuatu yang diperoleh dari kegiatan membaca itu. Diharapkan, yang dituliskan adalah sesuatu yang bermakna—sesuatu yang penting dan sangat berharga bagi diri pribadi. Bagaimana jika tidak ada yang dapat dituliskan? Tidak ada masalah. Merenung dan mempertanyakan tentang hasil kegiatan membaca sudah sangat bermanfaat bagi diri yang melakukan kegiatan tersebut. Bisa jadi memang materi yang dibaca tidak memberikan apa-apa. Itu artinya kamu perlu berhati-hati dalam memilih dan melakukan kegiatan membaca, mengingatkan agar jangan sampai kamu sudah membaca tapi berujung pada kesia-siaan alias tidak mendapatkan apa-apa.

Sekarang bayangkan jika kamu mendapatkan sesuatu yang sangat penting dan berharga ketika selesai membaca suatu deretan teks. Kamu merasakan bahwa wawasanmu bertambah. Tapi, sayangnya kamu membiarkan semua itu melintas di pikiran. Kamu hanya merasa takjub dan seperti mendapatkan sesuatu pada saat selesai membaca. Setelah itu, kamu pun melakukan kegiatan lain dan akhirnya, hilanglah semua hal penting dan berharga yang kamu peroleh tadi. Kamu terserang penyakit lupa! So, ikatlah secara cepat apa saja yang sedang berseliweran di dalam pikiranmu. Keluarkan atau ungkapkan semua itu dalam bentuk tertulis.

Jika aktivitas ‘mengikat’ sesuatu yang penting dan berharga yang diperoleh dari membaca kamu lakukan secara kontinu dan konsisten, tentulah kamu akan diantar untuk menuju ke ‘mengikat makna’ tahap paling tinggi. Apa ”mengikat makna” di tahap paling tinggi? Itulah menemukan dan merumuskan sebuah gagasan, idea. Tahap akhir dari ‘mengikat makna’ ini adalah ketika kamu mendengar bisikan Tuhan dan mencatat ilham tersebut secara sangat rapi dan jelas.

Happy reading.
Then, get writing!

Menulis bukan hanya sekadar menuangkan buah pikiran atau perasaan, tapi sebuah pencarian hakikat kebenaran, sebuah perjalanan menghayati kehidupan (Abdillah Mahyuddin, Catatan Harian 2009).


16 responses to this post.

  1. Assalamu’alaikum….
    Pak, gimana nambah atau mengedit link di blog WordPress?

    Reply

  2. Cantik tampilannya pak….
    ada efek salju…
    gimana buatnya pak?

    Reply

  3. Posted by amz on December 16, 2009 at 3:36 pm

    Ass, met sore pak… saya ilham semester 7 telekomunikasi. yg igin saya tanyakan ttg pratikum,untuk laporan pratikum jaringan komputer apakah ditulis tangan atau diketik ??

    note : “blognya makin ok n makin rame aja ne pak”

    Reply

  4. Posted by Gilang on January 2, 2010 at 10:16 pm

    Assalam…
    Pak gimana cara memasang kotak Chat meebo di halaman blog?
    Saya sudah punya akun di meebo.

    Reply

  5. Assalamualaikum awr wb

    Pak Saya Mau Tanya Gmna Cara Buat Readmore Di Blogspot

    Saya Sudah pernah coba tapi tidak berhasil

    mohon petunjuknya pak

    makasih sebelumnya pakk

    “salam bloger indonesia”

    Wassalamualaikum wr wb

    Reply

  6. Assalam…
    Apakah kita bisa menambahkan widged sendiri di blog WordPress selain dari yang sudah tersedia?
    Terima kasih, wassalam…

    Reply

  7. Pak, bgaimana caranya membuat link di blog agar dapat mndownload file yg di-upload (spt yg bpak buat untuk men-download bahan kuliah)?
    Dan bgaimana cara meng-upload file-nya

    Terimakasih…

    Reply

    • Posted by abdill01 on March 17, 2010 at 10:03 pm

      Pertama highlight tulisan yang akan diberi link, kamudian klik button Add Media yang terdapat di deretan kanan tulisan Upload/Insert. Setelah muncul jendela Add Media, klik tombol Pilih Berkas dan pilih file yang mau diupload dan klik tombol Upload. Tunggu sampai file selesai diupload 100% kemudian klik tombol Insert to Page.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: