Lismag Pekan ke-3: Fluks Listrik

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Hari ini mestinya kalian telah mengerjakan Tugas ke-2 Gaya dan Medan Listrik. Bagi yang belum, segera kerjakan agar mudah menghadapi Quiz dua pekan mendatang. Jika ada yang belum paham tanyakan di kelas.

Pekan depan إن شاء الله kita membahas tentang konsep fluks listrik dan hukum Gaüss. Fluks Listrik adalah banyaknya aliran medan listrik yang melalui sebuah luas permukaan. Fluks listrik besarnya sama dengan muatan listrik yang tercakup dalam sebuah permukaan tertutup dibagi dengan konstanta ϵo = 8,85 × 10˜¹², yakni permitivitas ruang hampa.

Hukum Gaüss diaplikasikan jika kita mengetahui besar medan listrik di permukaan sebuah benda, maka jumlah muatan listrik terkandung dalam benda tersebut bisa dihitung. Atau sebaliknya, dengan mengetahui muatan dalam benda tersebut, kita bisa menghitung medan listrik di sekitarnya.

Tugas kalian setelah ini adalah mengunduh  catatan kuliah Fluks Listrik dan Hukum Gauss, pelajari dan bawa ketika kuliah. Kalau ada waktu luang, sebelum kuliah pekan depan kalian sebaiknya menyaksikan perkuliahan Fluks Listrik dan Hukum Gauss di halaman Videos, perhatikan demonstrasi generator Van de Graff, elektroskop dan elektroforus. Selamat belajar dan menonton.

Catatan kuliah pekan depan bisa diunduh di halaman Notes, sedangkan materi kuliah pekan depan bisa diunduh di link di bawah ini:

Bab 2 Fluks Listrik

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.