Belajar Listrik dan Magnetika

Dalam hitungan hari, perkuliahan semester genap 2017-2018 akan dimulai. Bagi mahasiswa tidak ada lagi hari tanpa belajar dan mengerjakan tugas. Sebagai seorang pelajar tentu saja pekerjaan sehari-seharinya adalah belajar. Tapi setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Memahami gaya belajar diri sendiri akan membantu fokus pada aspek yang mungkin menyulitkan Anda dan menggunakan komponen-komponen kuliah yang bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. Jika Anda tipe orang yang belajar dari mendengar saja, maka mengikuti kuliah memiliki arti yang sangat penting bagi Anda. Jika Anda tipe orang yang belajar dengan cara memberikan penjelasan, maka belajar dengan mahasiswa lain akan bermanfaat buat Anda.

Salah satu mata kuliah yang dianggap paling susah di prodi teknik elektro adalah listrik dan magnetika. Untuk mempelajari listrik dan magnetika lebih mudah, sekaligus mendapatkan kegembiraan dalam melakukannya, Anda dapat belajar dengan siswa lain. Anda dapat membentuk kelompok belajar dengan siswa lain yang kost dekat lingkungan Anda. Grup belajar merupakan sumber daya yang sangat bagus, terutama ketika akan menghadapi ujian.

Jika penyelesaian soal adalah hal yang sulit bagi Anda, maka luangkanlah lebih banyak waktu untuk belajar bagaimana menyelesaikan soal. Buku referensi biasanya memberikan strategi penyelesaian soal. Penting juga untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan ialah menyisihkan waktu belajar yang cukup, terjadwal dengan teratur dan dalam lingkungan yang bebas dari gangguan. Cobalah jawab sendiri pertanyaan berikut ini:

  • Dapatkah saya menggunakan konsep dasar dari aljabar, trigonometri dan kalkulus? Jika tidak, rencanakanlah jadwal belajarnya dengan bantuan teman atau dosen Anda. Kampus yang baik biasanya punya ‘rumah sehat’ untuk mahasiswa yang dengan penyakit matematika.
  • Dalam kuliah listrik dan magnetika, kegiatan apa yang paling mudah bagi Anda? Misalkan membuat catatan kuliah, lakukan ini terlebih dahulu, ini akan membuat Anda percaya diri.
  • Apakah saya meluangkan waktu yang cukup untuk belajar listrik dan magnetika? Yang cukup baik adalah 3 jam di luar ruang kuliah untuk setiap jam yang Anda tempuh di ruang kuliah. Ini berarti untuk 2 jam setiap pekan di ruang kuliah, Anda harus meluangkan waktu kira-kira 6 jam setiap pekan di rumah untuk belajar listrik dan magnetika.
  • Apakah saya harus belajar listrik dan magnetika setiap hari? Tidak, bagilah 6 jam itu dalam sepekan, buatlah jadwal dengan menetapkan waktu tertentu untuk belajar listrik dan magnetika, dan lakukanlah dengan disiplin.
  • Apakah saya telah belajar di tempat yang tenang, dimana saya dapat memusatkan perhatian? Gangguan akan merusak rutinitas dan keseriusan Anda, dan menyebabkan Anda kehilangan poin-poin penting.
  • Yang terakhir dan paling utama, sudahkah saya berdo’a sebelum belajar? Berdo’alah sebelum belajar agar Allah Subhanahu wa Ta’ala menuntun Anda melakukan hal yang tepat untuk memahami listrik dan magnetika dalam waktu yang cepat dan cara yang mudah.

Dosen lain mengatakan bahwa hambatan terbesar adalah kurangnya kemampuan matematika dari mahasiswa. Tapi bukankah Anda telah memilih kuliah di prodi teknik elektro? Maka tentunya Anda telah siap menghadapi matematika sebagai konsekuensinya. Well, I hope you enjoy it and have a good result.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: