Pelajarilah Bahasa Arab!

Tahukah Anda, ada 11 ayat dalam al-Quran yang menyatakan bahwa al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab? Rasulullah pun pernah bersabda “Pelajarilah bahasa Arab karena tiga hal: Pertama, karena aku adalah orang Arab. Kedua, karena al-Quran berbahasa Arab. Ketiga, karena percakapan ahli surga adalah bahasa Arab.

Berbahasa Arab yang baik dan benar sudah menjadi tradisi generasi salaf. Melalui bahasa Arab, orang dapat meraih ilmu pengetahuan karena bahasa Arab telah menjadi sarana mentransfer pengetahuan.

Umar bin Khaththab pernah berkata, “Hendaklah kamu sekalian tamak mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu merupakan bahagian dari agamamu”. Pada kesempatan lain, beliau mengatakan: “Pelajarilah bahasa Arab, sebab ia mampu menguatkan akal dan menambah kehormatan”.

Imam Syafi’i pernah berkata: “Manusia tidak menjadi bodoh dan selalu berselisih paham kecuali lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles.”

Republika, Jum’at, 29 Oktober 2010 pernah mengutip ucapan Yusuf Al-Qardhawi, “Umat Islam Indonesia sudah seharusnya menguasai bahasa Arab karena itu adalah bahasa Al-Quran”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: