Lismag Pekan ke-15: UAS

Assalaamu’alaikum warahmatullah. Tantangan utama seorang dosen dalam membuat soal UAS Lismag adalah bagaimana caranya membuat soal ujian yang mewakili semua materi kuliah yang diajarkan di kelas. Hal ini tidaklah mudah mengingat ada enam bab materi kuliah yang menjadi materi ujian. Atas nama keadilan maka dipilihlah satu soal dari masing-masing bab, meskipun tidak mewakili semua materi kuliah, tapi paling tidak mewakili semua bab yang ada.

Tantangan lain adalah membuat soal yang berbeda antara soal tahun ini dan soal tahun yang lalu. Namun yang satu ini tidak berlaku ketika Anda menjadi dosen di kampus tercinta tempat saya mengajar sekarang ini. Penyebabnya adalah karena setelah ujian hampir tak ada mahasiswa yang akan menyimpan kertas soal untuk dicek lagi di rumah, atau untuk oleh-oleh bagi adik kelas nanti, atau paling tidak untuk dirinya sendiri seandainya tidak lulus maka soal ujian itu boleh jadi akan diberikan lagi oleh dosen yang sama tahun depan.

Dari pengalaman sekitar sepuluh tahun mengajar mata kuliah Lismag, hanya dalam tiga tahun pertama saya membuat soal yang berbeda setiap tahun dan berbeda pula untuk setiap lokal. Setelah saya menyadari fenomena di kampus tercinta ini, maka soal UAS tahun ini 100% sama dengan soal tahun sebelumnya. Karena hanya membuang-buang waktu dan tenaga untuk membuat soal baru, sementara mahasiswa yang diuji tidak tahu atau mungkin tidak mau tahu apakah soal tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

Fenomena ini sungguh berbeda dengan ketika saya masih kuliah dulu. Setiap mau UAS maka semua teman-teman saya sibuk mengumpukan soal-soal UAS tahun-tahun sebelumnya sambil berharap ada soal yang muncul lagi. Biasanya memang ada yang muncul lagi tapi hanya satu atau dua soal dan itu pun sudah dimodifikasi oleh dosen yang mengajar.

Satu hal yang patut disyukuri adalah menjadi dosen sekarang ternyata lebih mudah dari zaman dulu, khususnya dalam hal membuat dan mengoreksi soal UAS. Alhamdulillah ‘ala kulli haal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: