Lismag Pekan ke-14: Gelombang Elektromagnetik

Assalaamu’alaikum warahmatullah. Akhirnya sampailah kita pada materi terakhir mata kuliah Lismag, yakni tentang gelombang elektromagnetik. Berdasar pada penemuan Faraday bahwa perubahan fluks magnetik dapat menimbulkan medan listrik, seorang maestro Fisika bernama Maxwell mengajukan sebuah hipotesis: “jika perubahan fluks magnetik dapat menimbulkan medan listrik maka perubahan fluks listrik juga harusnya dapat menimbulkan medan magnetik”  Hipotesa ini dikenal dengan sifat simetri medan listrik dan medan magnetik.

Jika hipotesis Maxwell ini benar, maka konsekuensinya perubahan medan listrik akan menghasilkan medan magnetik yang juga berubah dan keadaan ini akan terus berulang. Medan magnetik atau medan listrik yang muncul akibat perubahan medan listrik atau medan magnetik sebelumnya akan merambat menjauhi tempat awal kejadian. Perambatan medan listrik dan medan magnet inilah yang kemudian disebut sebagai gelombang elektromagnetik.

gem

Hubungan antara medan listrik, medan magnetik dan sumber-sumbernya dapat dinyatakan secara terpadu dalam empat persamaan Maxwell. Persamaan Maxwell digunakan sebagai dasar teori untuk memahami gelombang elektromagnetik.

Kemudian ada pula gelombang elektromagentik bidang yang menghasilkan sebuah konstanta yang sangat terkenal, c = 300.000 km/s yakni kecepatan cahaya. Selain itu ada juga gelombang elektromagnetik sinusoidal dan energi gelombang elektromagnetik. Adapun handout materi kuliah dapat diunduh di tautan berikut ini:

Pertemuan 14 Gelombang Elektromagnetik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: