Lismag Pekan ke-13: Alternating Current

Assalaamu’alaikum warahmatullah. Pekan ini kita insya Allah akan mempelajari tentang alternating current (AC). AC sering diartikan sebagai arus bolak-balik, namun sebagai mahasiswa kalian sepatutnya memahami bahwa terjemahan bolak-balik ini tidak sepenuhnya benar. Karena arti sebenarnya dari kata kerja alternate adalah occur in turn repeatedly, yakni terjadi bergantian dan berulang-ulang. Ada dua hal yang bergantian dan berulang-ulang: besar arus dan arahnya.

Cara paling mudah memahami pergantian besar dan arah ini adalah menggunakan fasor. Fasor adalah sebuah vektor yang berotasi pada pangkalnya pada arah yang berlawanan dengan arah jarum jam dengan laju sudut w konstan yang sama dengan frekuensi sudut dari gerak rotasi tersebut. Proyeksi fasor pada sumbu horizontal dan pada waktu t adalah I cos wt, menyatakan nilai sesaat dari arus tersebut. Sedangkan positif dan negatif dari proyeksi menunjukkan pergantian arah arus. Pergantian besar dan arah arus dapat dituliskan dengan persamaan i = I cos wt.

phasor Selain daripada itu, tedapat beberapa istilah yang perlu kalian ketahui, di antaranya adalah: arus rata-rata yang diluruskan (rav = rectified average current) dan nilai akar rata-rata kuadrat (rms = root-mean square).

Kemudian kalian juga akan mempelajari tentang perilaku resistor, induktor dan kapasitor dalam rangkaian AC. Beberapa istilah yang perlu dipahami di sini adalah: reaktansi induktif, reaktansi kapasitif, impedansi, sudut fasa, resonansi dan transformator.

Dalam ujian nanti, soal tentang AC ini merupakan bagian soal-soal yang paling mudah, karena tidak memerlukan analisis untuk menyelesaikannya. Kalian cukup menghafalkan saja persamaan-persamaan yang terdapat dalam bab ini. Jangan lupa setelah kuliah kalian baca soal-soal latihan dan solusinya di buku elektronik. Adapun handout materi kuliah dapat diunduh di tautan berikut ini:

Pertemuan 13 Arus Bolak-Balik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: