Lismag Pekan ke-12: Induktansi

Assalaamu’alaikum warahmatullah. Pekan lalu kita telah mengetahui bahwa perubahan fluks magnetik dapat menginduksi rangkaian itu sendiri, sehingga di dalamnya timbul tge induksi. Pekan ini kita akan mempelajari bahwa perubahan arus yang melewati suatu kumparan menimbulkan perubahan fluks magnetik di dalam kumparan yang akan menginduksi tge pada arah yang berlawanan dengan perubahan fluks.

Jika arus yang melalui kumparan meningkat, kenaikan fluks magnetik akan menginduksi tge dengan arah arus yang berlawanan dan cenderung untuk memperlambat kenaikan arus tersebut. Dapat disimpulkan bahwa tge induksi ε sebanding dengan laju  perubahan arus yang dirumuskan:

\varepsilon =-L\frac{\Delta I}{\Delta t}

dengan I merupakan arus sesaat, dan tanda negatif menunjukkan bahwa tge yang dihasilkan berlawanan dengan perubahan arus. Konstanta kesebandingan L disebut induktansi diri atau induktansi kumparan, yang memiliki satuan henry (H), yang didefinisikan sebagai satuan untuk menyatakan besarnya induktansi suatu rangkaian tertutup yang menghasilkan tge satu volt bila arus listrik di dalam rangkaian berubah secara seragam dengan laju satu ampere per detik.

Demonstrasi tentang induksi elektromagnetik ini dapat disaksikan di tautan berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=PMTOVRyPLOI.

Adapun handout materi kuliah dapat diunduh di tautan berikut ini:

Pertemuan 12 Induktansi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: