Lismag Pekan ke 6: Arus, Hambatan dan TGE

Assalaamu’alaikum mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil Lismag. Semoga kalian telah membaca bab 26 buku Young dan Freedman sebelum kuliah besok. Judul materi kuliah pekan ini adalah Arus, Hambatan, dan Tegangan Gerak Elektrik. Jika pekan lalu kita mempelajari tentang potensial V, maka pekan ini kita mempelajari tentang arus I dan hambatan (resistansi) R dalam rangkaian listrik.

Arus listrik I adalah banyaknya muatan yang bergerak melalui luas tertentu per satuan waktu. Ketika muatan bergerak dalam sebuah rangkaian listrik, maka energi potensial listrik berpindah dari sumber tegangan ke rangkaian listrik tempat energi tersebut disimpan atau dikonversi ke dalam bentuk energi lain.

Resistansi R berasal dari resistivitas, yakni rasio medan listrik E dan kerapatan arus J. Hukum Ohm menyatakan bahwa resistivitas sebuah resistor adalah konstan. Kemudian kita akan membahas tentang persamaan yang terkenal itu, V = IR. Persamaan ini menyatakan bahwa potensial V pada sebuah resistor sebanding dengan arus I yang melalui resistor tersebut.

Yang terakhir adalah pembahasan tentang tegangan gerak elektrik (TGE) yang di buku Fisika SMA dikenal dengan istilah gaya gerak listrik (GGL). Sebuah rangkaian tertutup yang mengangkut arus yang kontinyu harus mengandung sebuah sumber TGE. Sebuah sumber TGE mempertahankan selisih potensial yang konstan dan mempunyai hambatan dalam.

Catatan kuliah untuk pekan ini bisa didownload di tautan berikut:

Pertemuan 6 Arus, Hambatan dan TGE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: