Waspada Terhadap Radikalisme dan Terorisme

Polresta Pekanbaru bekerja sama dengan Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru menggelar kegiatan Tablig Akbar pada hari Sabtu besok (2/4/16) pukul 9.00 WIB. Kegiatan yang disiarkan oleh TV Riau Channel ini mengangkat tema ” Waspada Terhadap Radikalisme, Terorisme, ISIS dan Penodaan Agama”.

Pemateri tablig akbar ini adalah Ustadz Ali Musri Semjan Putra, Dosen Sekolah Tinggi Dirasah Islamiyah Imam Asy-Syafi’i Jember dan Ustadz Abuz Zubair Hawaary, Mudir Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dr.H.Patrialis Akbar,SH.MH, Ketua MUI Pekanbaru, Kapolda Riau, Gubernur Riau, Kapolresta Pekanbaru, Kemenag Riau dan Pekanbaru.

Dijelaskan bahwa ada dua penyebab utama timbulnya radikalisme dan terorisme di kalangan pemuda Islam di Indonesia. Jika penyebabnya tidak dicarikan solusinya maka mustahil dapat mencegah radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Penyebab pertama adalah penderitaan dan ketidakadilan yang dialami oleh umat Islam di luar negeri menimbulkan kemarahan dan dendam di hati pemuda muslim terhadap Israel, Amerika dan negara-negara yang mayoritas beragama non-muslim. Solusinya adalah pemerintah Indonesia harus lantang menyuarakan hal ini konferensi PBB dan negara-negara OKI.

Penyebab kedua adalah dangkalnya pemahaman terhadap syariat Islam khususnya tentang aqidah yang benar, keta’atan terhadap pemerintah dan akhlak terhadap orang kafir atau non-muslim. Solusinya adalah majelis ulama harus mengajarkan hal ini kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah dan Kepolisian yang diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk melindungi negara.

Ungkapan senada juga disampaikan Abuz Zubair Hawaary,Lc selaku, Pimpinan Pompes Imam Ibnu Katsir Pekanbaru. Generasi muslim saat ini dinilai kurang dalam memahami agamanya. Tidak mau bertanya kepada para guru-guru agama, tidak ingin mempelajari kandungan al-Quran dan Sunnah dan tidak mau belajar duduk bersama jemaah muslim lainnya. Saat ini sudah saatnya umat Islam bersatu padu dalam menjaga keutuhan Islam berdasarkan al-Quran dan Sunnah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: