Lismag Pekan ke-3: Fluks Listrik

Assalaamu’alaikum mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil mata kuliah Listrik dan Magnetika. Yang sudah mempunyai buku referensi semoga kalian telah mengerjakan soal-soal latihan bab 22 buku Young dan Freedman. Setelah kalian mengerjakan soal-soal latihan mestinya semua simbol, rumus dan satuan telah hafal di dalam kepala.

Pekan ini insya Allah kita akan mempelajari bab 23 tentang konsep baru, yakni fluks listrik. Fluks Listrik adalah banyaknya aliran medan listrik yang melalui sebuah luas permukaan. Fluks listrik yang melalui sebuah permukaan tertutup besarnya sama dengan muatan listrik tercakup dalam permukaan tersebut. Inilah yang dikenal dengan hukum Gaüss.

Dengan mengetahui besar medan listrik di permukaan sebuah benda, kita bisa menghitung jumlah muatan listrik terkandung dalam benda tersebut. Sebaliknya dengan mengetahui distribusi muatan, kita bisa menghitung medan listrik di sekitar muatan tsb.

Jangan lupa di pertemuan ke-empat ada jadwal Quiz 1. Bahannya adalah bab 22 dan 23 buku Young dan Freedman. Catatan kuliah bab 23 bisa didownload di tautan berikut:

Pertemuan 3 Hukum Gauss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: