Lismag Pekan ke-2: Medan Listrik dan Dipol Listrik

Assalaamu’alaikum mahasiswa dan mahasiswi yang semangat belajar lismag. Pekan ke-2 ini insya Allah kita akan membahas bab 22.6 hingga 22.9 buku Young dan Freedman. Sebelum mulai kuliah saya akan mengumpulkan dan membahas solusi tugas terstruktur pekan lalu.

Jika kalian pernah mempelajari tentang medan gravitasi dan gaya gravitasi, maka kalian akan menemukan kemiripan dengan medan listrik dan gaya listrik. Dalam hukum gravitasi, medan gravitasi yang memiliki simbol g lebih sering diartikan percepatan gravitasi. Akibatnya pemahaman tentang medan gravitasi menjadi bias.

Topik lain adalah tentang garis medan listrik. Yang perlu dipahami di sini adalah garis medan listrik tidaklah sama dengan vetor medan listrik. Buktinya vektor itu selalu lurus, sedangkan garis medan listrik ada yang melengkung.

Yang terakhir adalah tentang dipol listrik. Molekul air merupakan contoh utama sebuah dipol listrik. Kalau tidak ada dipol listrik maka tidak akan ada air, kalau tidak ada air maka tidak akan ada kehidupan di bumi. Ada beberapa istilah di sini, misalnya torsi pada dipol listrik dan momen dipol listrik. Materi pekan ini bisa kalian download di tautan berikut, selamat belajar!

Pertemuan 2 Medan dan Dipol Listrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: