Belajar Fisika

Setiap orang memiliki gaya dan cara belajar yang berbeda. Memahami gaya belajar Anda sendiri akan membantu Anda memfokuskan diri pada aspek-aspek Fisika yang mungkin menyulitkan Anda dan menggunakan komponen-komponen kuliah yang bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. Jika Anda tipe orang yang belajar dari mendengar saja, maka mengikuti kuliah memiliki arti yang sangat penting bagi Anda. Jika Anda tipe orang yang belajar dengan cara memberikan penjelasan, maka belajar dengan mahasiswa lain akan bermanfaat buat Anda.

Untuk mempelajari Fisika lebih mudah, sekaligus mendapatkan kegembiraan dalam melakukannya,  Anda dapat bekerja dengan mahasiswa lain. Beberapa dosen  menformalkan penerapan belajar bersama  atau menfasilitasi pembentukan kelompok belajar. Anda dapat membentuk kelompok belajar dengan sejumlah mahasiswa yang tinggal di lingkungan Anda. Kelompok belajar merupakan sumber daya yang sangat bagus, terutama ketika Anda akan menghadapi ujian.

Jika penyelesaian soal adalah hal yang sulit bagi Anda, luangkanlah lebih banyak waktu untuk untuk belajar bagaimana menyelesaikan soal. Penting juga untuk memahami dan mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Mungkin hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan ialah menyisihkan waktu belajar yang cukup, terjadwal dengan teratur dan dalam lingkungan yang bebas dari gangguan. Cobalah Anda jawab sendiri pertanyaan2 berikut ini:

  1. Dapatkah saya menggunakan konsep matematika dasar dari aljabar, geometri dan trigonometri? (Jika tidak, rencanakanlah jadwal penelaahannya dengan bantuan teman atau dosen Anda)
  2. Dalam kuliah Fisika, kegiatan apa yang paling mudah bagi Anda? (Lakukan ini terlebih dahulu, ini akan membuat Anda percaya diri)
  3. Apakah saya memahami materi pelajaran lebih baik jika saya membacanya sebelum kuliah,  atau justru setelah kuliah? (Metode yang ideal adalah: membaca sekilas materi pelajaran yang akan dibahas sebelum kuliah, mengikuti kuliah dengan tekun, dan kemudian membaca meteri itu lagi secara mendalam seusai kuliah)
  4. Apakah saya meluangkan waktu yang cukup untuk belajar Fisika? (Yang cukup baik adalah 3 jam di luar ruang kuliah untuk setiap jam yang Anda tempuh di ruang kuliah. Ini berarti untuk 2 jam setiap pekan di ruang kuliah, Anda harus meluangkan waktu kira-kira 6 jam setiap pekan di rumah untuk belajar Fisika)
  5. Apakah saya setiap hari belajar Fisika? (Bagilah 6 jam itu dalam sepekan, buatlah jadwal dengan menetapkan waktu tertentu untuk belajar Fisika dan lakukanlah dengan disiplin)
  6. Apakah saya belajar di tempat yang tenang, dimana saya dapat memusatkan perhatian saya? (Gangguan akan merusak rutinitas dan keseriusan Anda, dan menyebabkan Anda kehilangan poin-poin penting)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: