Mengenal Kesalahan pada Komputer

Selain mengetahui cara kerja komputer, ada baiknya kita mengenal hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan (error) yang ditemukan dalam sistem komputer. Kesalahan ini ditemukan dalam bermacam-macam kasus, baik pemrograman, maupun dalam bidang lainnya dalam proses yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Jenis error apa sajakah yang mungkin ditemukan dalam suatu proses eksekusi? Berikut jenis error yang sering ditemukan: syntax error, logical error dan run-time error. Makna dari masing-masing error kita bahas lebih dalam di bawah ini.

Syntax error adalah kesalahan yang diakibatkan karena penulisan atau tata bahasa yang tidak benar. Error ini membuat pihak yang diminta untuk mengerjakan sesuatu menjadi bingung, sehingga tidak bisa melakukan perintah tersebut. Contohnya, kesalahan mengetik print yang seharusnya printf.  Atau alamat situs yang diinginkan adalah htp://www.gmail.com/ terdapat kesalahan penulisan pada kata htp yang seharusnya adalah http. Apabila terjadi kesalahan jenis ini, proses tidak akan diberhentikan, atau tidak dilanjutkan, sampai yang bersangkutan menulis perintah membenarkan perintah tersebut.

Logical error adalah jenis kesalahan secara logika. Jika ditemukan kesalah dengan jenis ini, proses tetap dilanjutkan, namun tidak berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya, buka halaman 6, padahal yang dimaksud adalah halaman 9. Bagaimana informasi yang Anda temukan? Tentu berbeda dengan yang semestinya Anda inginkan. Atau pada saat ingin menghubungkan mouse ke komputer melalui kabel USB, namun kabel yang Anda colokkan ke USB adalah kabel yang terhubung dengan printer. Kesalahan dalam logika ini akan mengakibatkan hasil suatu proses tidak sesuai dengan yang diharapkan, umumnya proses ini tidak berhenti karena kesalahan logika ini. Nah, kita memang harus hati-hati dengan kesalahan secara logic ini. Sistem akan memberikan informasi sesuai dengan yang anda berikan. Makanya ketelitian diperlukan di sini.

Run-time error disebabkan karena waktu suatu perintah dieksekusi, sistemnya sendiri yang tidak siap menerima perintah tersebut, bisa saja disebabkan permintaan yang anda lakukan sedang tidak tersedia, atau karena penyebab secara teknis lainnya. Misalnya, Anda mau mendengarkan radio, listriknya belum disambungkan, ya harus disambungkan dulu listriknya, baru bisa menikmati suara radio. Mau melihat berita di situs berita, alamat yang diketikkan sudah benar, komputer juga udah terhubung dengan internet, situs lain yang dikunjungi tidak ada masalah, tetapi kok situs berita tersebut nggak bisa diakses-akses. Ternyata server situs berita itu sendiri yang sedang down (istilah yang digunakan kalau server tidak aktif atau mati). Kesalahan jenis run-time error ini mengakibatkan proses dihentikan seketika, umumnya sistem memberitahukan kondisi yang diketahuinya jika ditemukan masalah seperti ini.

6 responses to this post.

  1. Posted by Gilang on September 10, 2009 at 1:10 pm

    Hmmm…
    Baru tau saya… Tolong Pak, diperbanyak info tentang komputer (cara merawat, mencegah masuknya virus, dll).
    Sekalian mau tanya nih Pak:
    Apa masalahnya jika isi Flashdisc tidak terbaca di komputer rumah, tapi di warnet bisa?
    Tolong dijawab…
    [^_^]

    Reply

    • Posted by abdill01 on September 11, 2009 at 8:20 am

      Flashdisk akan terbaca kalau komputer bisa mendeteksi ketika dimasukkan ke port usb-nya. Port usb bisa jadi tidak sensitif karena terlalu sering dipakai atau tidak pas waktu memasukkannya, coba pakai port usb yang lain.

      Reply

  2. Apa masalahnya kalau drive tidak terbaca. trus bagaimana cara memperbaiki Flash disk yang tidak terbaca, dengan catatan port USB bagus.

    Reply

    • Posted by abdill01 on March 15, 2011 at 9:47 am

      Flashdisk bisa tidak terbaca karena terinfeksi virus tertentu, atau karena sudah habis masa lifetime-nya berdasarkan berapa kali dia ditulis/dihapus/dibaca.

      Reply

  3. pak saya mau nanya, bagaimana cara untuk menghilangkan kata perintah pas waktu kita hidupkan komputer..?
    perintah F1 dan bagai mana cara memunculkan flasdisk yang terhiden..?

    Reply

    • Posted by abdill01 on January 8, 2014 at 11:29 pm

      Perintah F1 biasanya muncul karena baterai CMOS sudah lemah, ganti yang baru harganya sekitar 5 rb.
      Flashdisk tidak terdeteksi biasanya karena terlalu sering dipakai, sering terjatuh atau berkarat.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: