Alexandria

“O ya, namaku Fahri,” demikian pemuda itu memperkenalkan dirinya. “Sudah tahu,” jawab seorang gadis dengan pandangan tetap menunduk. “Kamu Maria kan? Baik, kalau begitu praktikumnya kita mulai saja,” lanjut Fahri.

Begitulah perkenalan Fahri dan Maria. Berlangsung singkat di lantai tiga laboratorium sebuah universitas di Alexandria. Fahri adalah seorang mahasiswa pendiam, tidak gaul, dan masih kuliah sampai semester sebelas. Sebenarnya pemuda bertubuh tinggi dan berjanggut tipis ini bukan mahasiswa yang bodoh. Indeks prestasinya lumayan bagus, tapi ia memilih bekerja sambil kuliah.

Maria adalah adik kelas Fahri. Ia satu-satunya mahasiswi yang berjilbab di kelasnya, karena mahasiswi lainnya beragama kristiani. Maria adalah seorang mahasiswi yang cerdas, pandai bergaul, dan aktif di kegiatan kampus. Sifat Maria sangat bertolak belakang dengan Fahri. Tapi ada satu persamaan di antara mereka: keduanya masih jomblo, dengan alasannya masing-masing.

Sejak pertemuan pertama di laboratorium itu, Maria telah jatuh cinta kepada Fahri. Tapi Maria memendam cinta dan deritanya diam-diam. Fahri terlalu tidak peduli dengan hal-hal yang berbau cinta, walaupun sebenarnya ia pun memiliki feeling yang sama dengan Maria.

Pada suatu pagi di ruang kuliah, Maria mendekati Fahri yang duduk sendirian di bagian paling belakang. Ia mengembalikan buku yang dipinjamnya dari Fahri. Dengan tersenyum kecil ia berkata: “Makasih ya, eh, ada catatan buat kamu di dalamnya.” Maria kemudian duduk di bagian paling depan.

Dengan sedikit curiga Fahri membuka bukunya, mencari catatan dari Maria. Ia menemukannya, secarik kertas bertuliskan: kemarin aku gajian, pingin traktir kamu makan siang, tapi bukan kencan.

Ces, darah Fahri tiba-tiba berdesir, jantungnya berdetak cepat. Kertas itu diremasnya, takut dilihat orang lain. Ia sudah berusaha berzikir menenangkan hati. Tapi betapapun kuliah pagi itu dirasakannya begitu lambat dan membosankan. Apa yang terjadi berikutnya menjadi nostalgia yang sulit dilupakan olehnya. (Bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: