Benarkah Kiamat Sudah Dekat?

Menyikapi tahun baru 1433 Hijriyah, sudah waktunya ummat Islam yang hidup di zaman ini menyadari bahwa hari Kiamat sudah dekat. Sungguh, Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam telah diingatkan Allah subhaanahu wa ta’aala di dalam ayat di bawah ini:

“Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya.” (QS Al-Ahzab ayat 63).

Dalam hadits di bawah ini Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan perjalanan sejarah ummat Islam, ada lima masa yang akan dilalui ummat Islam hingga menjelang hari Kiamat.

Masa kenabian akan berlangsung pada kalian dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, kemudian Allah mengangkatnya. Setelah itu datang masa kekhalifahan mengikuti manhaj kenabian selama beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, kemudian Allah mengangkatnya. Setelah itu datang masa raja-raja yang menggigit selama beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah, kemudian Allah mengangkatnya. Setelah itu datang masa raja-raja yang memaksakan kehendak dalam beberapa masa hingga waktu yang ditentukan Allah. Setelah itu akan terulang kembali kekhalifahan mengikuti manhaj kenabian. Kemudian beliau terdiam.” (Hadits hasan riwayat Imam Ahmad 37/361)

Masa kenabian telah berlalu, yakni para sahabat radhiyallahu ’anhum hidup bersama Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam sejak awal beliau diutus hingga berpulang ke rahmatullah. Masa kekhalifahan yang mengikuti manhaj kenabian juga telah berlalu. Ia ditandai dengan munculnya para khulafa ar-rasyidin, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ’anhum.

Masa raja-raja yang menggigit juga telah berlalu. Ia ditandai dengan masa di mana ummat memiliki para pimpinan yang dijuluki khalifah-khalifah namun pola suksesinya menerapkan pola kerajaan alias pola oligarkhi atau sistem waris-mewarisi tahta kerajaan. Mereka dijuluki raja-raja yang menggigit karena mereka masih ”menggigit” Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah An-Nabawiyyah. Masa ini berlangsung sangat lama sekitar 13 abad…! Sejak Bani Umayyah, Bani Abbasiyyah hingga Kesultanan Utsmani Turki. Ia berakhir pada tahun 1924 atau 1342 Hijriyyah.

Setelah itu ummat Islam memasuki masa keempat, yakni masa raja-raja yang memaksakan kehendak. Tanda bahwa masa ini belum berakhir ialah fakta bahwa masa kelima, yakni babak kekhalifahan mengikuti manhaj kenabian belum muncul kembali. Padahal Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menyampaikan kepada kita bahwa babak penuh keadilan dan kejayaan Islam tersebut pasti bakal muncul. Kapankah ia akan muncul? Wallahu a’lam bish-showwab.

Suatu hal yang pasti, Islam akan kembali bangkit dan waktunya sudah dekat. Marilah kita jauhi sikap santai dan acuh tak acuh terhadap fenomena hidup di akhir zaman menjelang datangnya kiamat. Marilah kita tingkatkan pengetahuan dan keyakinan kita akan tanda-tanda menjelang datangnya kiamat agar kita dapat mengantisipasi dan menyesuaikan diri. Semoga Allah subhaanahu wa ta’aala memasukkan kita ke dalam golongan yang benar dalam mensikapi segenap tanda demi tanda akhir zaman yang kian membenarkan kenabian Rasulullah Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: