Fohgedebaudid!

Pernahkah Anda lupa meletakkan kunci kendaraan? atau kacamata yang lupa ditaruh dimana? padahal setelah ketemu ternyata hanya diletakkan di kendaaraan dan kacamata dipakai sendiri masih dicari. Lupa sering dikonotasikan dengan sifat yang negatif, orang yang mudah lupa sering dianggap pikun. Namun lupa tidak selalu menjadi hal yang menyebalkan. Dalam tulisan ini saya justru mengajak Anda untuk belajar lupa.

Kebanyakan manusia sering mengingat apa yang harus dilupakan dan melupakan apa yang harus dingat. Pertanyaan yang muncul  adalah apa yang harus Anda lupakan? Lupakanlah kata-kata yang menyakitkan yang pernah ditumpahkan kepada Anda baik dalam kondisi disengaja ataupun tidak disengaja, kata-kata dan sikap yang melukai hati yang bersifat untuk menggembleng pertumbuhan jiwa Anda maupun kata-kata dan sikap penghinaan, kata-kata yang kasar dan menusuk lubuk hati yang terdalam. Fohgedebaudid!

Melupakan kata-kata dan sikap yang menyakitkan tidaklah mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Langkah untuk belajar melupakan adalah memaafkan. Membuka pintu maaf dalam diri akan membuat Anda melupakan semua peristiwa yang menyakitkan ini. Menyimpan dan mengingat terus semua hal yang menyakitkan hanya akan menjadi duri dalam jiwa Anda yang mendatangkan penderitaan dan akhirnya yang rugi adalah diri Anda sendiri.

Ketika kata-kata yang menyakitkan itu meluncur dari mulut seseorang, itu sudah bagaikan jarum yang meluncur dan menusuk hati Anda. Lalu Anda lakukan lagi aksi menyimpan semua kata-kata yang menyakitkan itu ibaratnya Anda sudah jatuh ditimpa tangga pula.

Begitulah, segala yang berlalu biarlah berlalu. Kita belajar untuk melupakannya dan memaafkannya. Kembali membuka lembaran baru dengan tunas-tunas kebahagiaan yang siap merekah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: