Dennis Ritchie

Hanya selang beberapa hari setelah kematian Steve Jobs, si raja Apple, dunia ilmu komputer kehilangan lagi salah seorang tokoh pentingnya, yakni Dennis MacAlistair Ritchie yang meninggal tanggal 8 Oktober 2011 kemarin. Meskipun tidak sepopuler si raja Apple, namun ilmuan komputer dunia sepakat bahwa kontribusi Dennis Ritchie setanding, kalau tidak dikatakan lebih besar.

Dialah pembuat C, bahasa pemrograman yang menjadi inspirasi untuk hampir semua bahasa tingkat tinggi yang paling populer yang tersedia saat ini seperti Java, C++, C#, PHP, Perl dan Python. Sistem operasi Unix, Microsoft Windows, Linux, Sun Solaris, FreeBSD, AIX, HP-UX dan Mac OS X semuanya dibuat dengan C. Dia juga adalah pembuat sistem operasi Unix bersama Ken Thompson. Antara C dan Unix tidak dapat dipisahkan karena Unix menggunakan bahasa C sebagai sarana pemrograman di lingkungan sistem operasi tersebut.

Satu lagi kontribusi Dennis Ritchie adalah melalui bukunya bersama Brian Kernighan yang berjudul The ANSI C Programming Language. Bagi mahasiswa yang ingin belajar sendiri mungkin agak sulit memahami isi buku ini (ditambah belum ada terjemahannya ke bahasa Indonesia), namun dengan penjelasan teori dari dosen dan penjelasan teknis dari asisten praktikum semuanya menjadi lebih mudah. Hingga sekarang buku ini merupakan referensi utama seseorang yang mempelajari C.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: