Johann Gauss

carl_friedrich_gauss

Johann Carl Friedrich Gauß, juga dieja Gauss, lahir 30 April 1777 dan wafat 23 Februari 1855, adalah matematikawan, astronom, dan fisikawan yang memberikan beragam kontribusi. Ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton.

Gauss dilahirkan di Braunschweig, Jerman. Saat umurnya belum genap 3 tahun, ia telah mampu mengoreksi kesalahan daftar gaji tukang batu ayahnya. Menurut sebuah cerita, pada umur 10 tahun, ia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmatika berupa penghitungan deret 1+2+3+…+100. Meski cerita ini hampir sepenuhnya benar, soal yang diberikan gurunya sebenarnya lebih sulit dari itu.

Dalam bidang Fisika, Hukum Gauss adalah sebuah alternatif dari hukum Coulomb untuk menyatakan hubungan antara muatan listrik dan medan listrik. Gauss menyatakan bahwa flux listrik total yang melalui sebarang permukaan tertutup sebanding dengan muatan listrik total di dalam permukaan itu.

Bidang Matematika menerima banyak sekali sumbangan-sumbangan pikiran Gauss. Kalkulus (termasuk limit) ialah salah satu bidang analisis yang juga menarik perhatiannya. Gauss meninggal dunia di Göttingen pada usia 77 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: