OTIK2

Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi ke-2 (OTIK2) di kampus FST UIN Suska Riau berlangsung dari kemarin hingga hari ini. Ada empat kategori yang dilombakan, yakni karya inovasi TIK, desain manajemen jaringan komputer, desain web dan animasi. Berbeda dari OTIK1 yang diikuti oleh peserta mahasiswa dan SMU untuk setiap kategori, kali ini kategori karya inovasi TIK hanya diikuti oleh peserta mahasiswa. Sedangkan kategori lainnya hanya diikuti oleh peserta murid SMU.

Yang menarik adalah untuk kategori jaringan komputer, peserta kali ini dalam tim diminta bekerja merakit jaringan lokal online berbasis opensource lengkap dengan router dan Wifi. Secara garis besar setiap tim harus membuat sendiri kabel jaringan, menginstal kartu jaringan dan menginstal sistem operasi Linux Ubuntu 10.10 lengkap dengan repositorinya. Tantangannya adalah melakukan sharing file dan printer, setting konfigurasi interface router, konfigurasi port address translation, instal web server, dns, ftp, proxy dan firewall. Semuanya harus selesai dalam waktu sekitar sembilan jam saja.

Dapat dibayangkan untuk mahasiswa saja melakukan tugas seperti ini tidaklah mudah, apalagi untuk setingkat SMU. Panitia yang mengawasi jalannya olimpiade dibikin salut oleh kemampuan anak-anak putih abu-abu ini. Sebagai juri tentu saja saya harus jeli menilai performa setiap tim peserta.

Pada hari kedua olimpiade berakhir dan pemenang diumumkan. Untuk kategori desain manajemen jaringan komputer pemenangnya dari tim SMK Negeri 2 Pekanbaru dengan nilai 89,5 dari total 100. Selain trofi pemenang mendapat hadiah sejumlah uang tunai. Selamat untuk pemenang, semoga nanti kuliah di FST UIN Suska Riau. Info lengkap bisa dilihat di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: