Indifference

love me or just hate me, but spare me with your indifference

Cintai aku atau sekalian benci aku, asal jangan tak acuhkan aku. Kalimat ini dikutip dari Sang Pemimpi, salah satu episode tetralogi Laskar Pelangi. Sebuah kalimat yang muncul dari hasil kontemplasi dan perenungan siang malam seorang filusuf tentang seni mencinta. Mungkin kita perlu berhenti sejenak merenungi kata-katanya.

Kisah cinta apa yang paling menyedihkan di muka bumi ini? Cinta yang patah berkeping-keping karena pengkhianatankah yang paling menyakitkan? Bukan. Cinta yang dipaksa putus karena perbedaan status, harta dan agamakah yang paling menyesakkan? Masih bukan. Cinta yang menjadi dingin karena penyakit, penganiayaan, dan kebosanankah yang paling menyiksa? Tidak. Atau cinta yang terpisahkan samudra, lembah, dan gunung-gemunung yang paling pilu? Sama sekali tidak. Bagaimanapun pedih dilalui kedua sejoli dalam empat keadaan itu, mereka masih dapat saling mencinta atau saling membenci.

Akan tetapi, yang paling memilukan adalah cinta yang tak peduli. Tak diacuhkan oleh seseorang yang kita cintai adalah jauh lebih menyakitkan daripada ditolak atau dibenci. Dihina dan diejek adalah jauh lebih membahagiakan daripada dianggap tidak ada.

Pesan moral ke-empat-puluh-sembilan, jika seseorang mencintai Anda maka jangan pernah mengabaikannya. Jika Anda juga mencintainya maka balaslah dengan cara yang halal. Tapi jika Anda tidak mencintainya maka tunjukkanlah kesan Anda tidak menyukainya. Kesan, atau sesuatu yang tersirat adalah lebih baik daripada berterusterang. So, jangan pernah membiarkan seseorang teraniaya dalam ketidakpastian cinta.

Dengarkanlah permintaan hati yang teraniaya sunyi
Dan berikanlah arti pada hidupku
Yang terhempas yang terlepas
Pelukanmu bersamamu dan tanpamu aku hilang selalu
…  (Letto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: