Eloquency of Silence

Mungkin kita pernah mengalami situasi ketika perbincangan berhenti dan keadaan berdiam diri tiba-tiba menengahi suatu dialog. Pada saat itu kita mungkin lengah atau tak peduli untuk menangkap maknanya. Atau mungkin kita cukup peka.

Komunikasi memang tidak selamanya terjadi karena dua mulut berbicara bersahut-sahutan. Ada sesuatu yang disebut oleh Ivan Illich sebagai “the eloquency of silence”. Inilah kefasihan diam. “Kata-kata dan kalimat terdiri atas diam yang lebih bermakna daripada bunyi”, tulisnya dalam Celebration of Awareness.

Tak banyak orang yang bisa melukiskan pengertian seperti itu dengan jelas. Kalimat adalah ibarat seutas tali kebisuan; bunyi hanya menjadi simpul-simpulnya. Bahasa adalah ibarat sebuah roda: yang menjadi pusat adalah kata-kata yang terucapkan – tapi yang membentuk roda adalah justru ruang-ruang kosong di antara jari-jarinya. Diam yang penuh arti antara bunyi dan ucapan menjadi titik-titik bercahaya dalam sebuah ruang hampa yang menakjubkan, seperti bintang-bintang di dalam sebuah galaksi.

Sayangnya, kita tidak selamanya berhasil mengangguk pada diam. Bahkan kita mencoba menggantikan bahasa dengan cara-cara yang lebih riuh. Kita bukan saja tak acuh kepada diam dan kebisuan, kita bahkan tidak yakin bahwa kata-kata bisa bergerak sendiri dengan lirih. Sebenarnya bila kata-kata adalah bagian dari keberdiamdirian, yang terdengar bukanlah ajaran atau kuliah. Sebagai bagian dari kebisuan, kata-kata merupakan bagian dari proses batin. Dengan demikian mereka merupakan bagian dari seluruh sejarah kepribadian kita.

Hello darkness, my old friend
I’ve come to talk with you again
Because a vision softly creeping
Left its seeds while I was sleeping
And the vision that was planted in my brain
Still remains
Within the sound of silence… (Paul Simon)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: