Piala Dunia 2010

Spanyol telah dinobatkan menjadi juara Piala Dunia 2010 usai menekuk Belanda di partai puncak. ‘La Furia Roja‘ pun jadi tim pertama yang bisa jadi jawara Piala Dunia usai kalah di laga pembuka. Kenyataan itu hanyalah salah satu fakta yang tersaji dalam pertandingan di Soccer City, Senin (12/7/2010) dinihari WIB. Berikut sejumlah data-fakta lainnya, sebagaimana dicatat oleh situs resmi FIFA.

1 tim yang menuntaskan Piala Dunia 2010 tanpa kekalahan. Bukan Spanyol sang juara, yang kalah 0-1 di laga pembuka lawan Swiss, melainkan Selandia Baru yang tersingkir di fase grup usai melewati tiga partainya dengan hasil seri.

116 menit yang harus dilalui dalam laga Spanyol kontra Belanda sebelum akhirnya Andres Iniesta memecah kebuntuan. Itu adalah satu-satunya gol yang hadir.

32 tahun sudah berlalu semenjak kali terakhir sebuah partai final ditentukan lewat gol di babak perpanjangan waktu. Sebelum Piala Dunia 2010, hal ini mewujud di final Piala Dunia 1978, saat Belanda kalah dari Argentina.

5 tim Eropa kini sudah mencatatkan diri jadi juara Piala Dunia, di mana masing-masing dari mereka sudah bisa melakukannya pada kesempatan pertama mencapai final. Sebelum kesuksesan Spanyol, ada Italia yang kali pertama juara tahun 1934, Jerman Barat (1954), Inggris (1966) dan Prancis (1998).

4 laga Spanyol di babak knockout Piala Dunia 2010 selalu berakhir 1-0. Ini membuat mereka jadi tim pertama yang bisa membuat clean sheets di seluruh empat laga knockoutnya sebelum jadi juara. Jerman sebelumnya pernah membuat tiga kemenangan beruntun dengan skor 1-0 di babak knockout, sebelum ditekuk Brasil 0-2 di final.

3 kali sudah Belanda jadi runner-up Piala Dunia setelah juga kalah di partai final pada gelaran 1974 dan 1978.

2 gol saja yang bersarang di gawang Spanyol di Piala Dunia 2010, dengan satu gol dibuat Gelson Fernandez dari Swiss dan Rodrigo Millar dari Chile. ini setara dengan jumlah kebobolan gol paling sedikit sebuah tim dalam lajunya menjadi juara Piala Dunia. Sebelumnya sudah ada Prancis (1998) dan Italia (2006).

2 tim sukses menjadi juara Piala Dunia setelah sebelumnya menjadi jawara Eropa. Jerbar jadi yang pertama melakukannya usai melengkapi titel juara Piala Eropa 1972 dengan Piala Dunia 1974. Spanyol menyamainya dengan gelar juara Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: