Jangan Suka Memuji

Dalam sebuah rapat jurusan disampaikan bahwa ketua jurusan akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Oleh sebab itu perlu dilaksanakan pemilihan calon ketua jurusan pengganti sementara. Maka hampir setiap dosen memberikan usulan calon disertai alasan berupa pujian dan sanjungan  sehingga sang calon ketua merasa dijerumuskan oleh teman-teman dosennya.

Sebenarnya menjerumuskan seseorang ke jurang kebinasaan tidak selamanya berupa celaan atau cacian, tapi justru yang lebih berbahaya dari itu semua adalah berupa pujian dan sanjungan. Karena orang yang disanjung akan merasa seperti terbang ke awan tinggi dan menganggap dirinya paling hebat.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa seorang lelaki memuji seorang lelaki lain di dekat Rasulullah. Mendengar hal itu, Rasulullah bersabda: ” Celakalah engkau karena telah memotong leher temanmu (diucapkan berkali-kali). Jika seseorang dari kamu harus memuji, maka hendaklah ia mengucapkan: aku rasa dia begini dan begini, jika ia berpendapat bahwa orang itu demikian dan yang memperhitungkannya adalah Allah. Tidak seorangpun bisa menyucikan selain Allah”

Ketika melihat kelebihan yang dimiliki oleh teman kita, mengapa harus memujinya? Bukankah itu semua karunia dari Allah? Maka seharusnya yang kita puji hanyalah Allah yang telah berkenan melimpahkan karunia kebaikan pada dirinya.

Sungguh, suka memuji pada teman sendiri bukanlah sebuah ungkapan kasih sayang sejati, tapi  justru sebaliknya tanpa terasa hal itu akan mencelakakannya dan membuat dirinya ujub dan sombong. Perbuatan seperti ini sangat dibenci oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: