Biar Tak Mudah Lupa

Apakah kamu sering lupa nomor PIN atau password login? Hal itu mungkin disebabkan karena perubahan usia dan biasanya hal tersebut dialami oleh seseorang yang memasuki usia 20 tahun. Untuk menghindari kejadian tersebut dan membuat otak tetap bisa bekerja secara optimal meskipun usia bertambah ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Olahraga
Lakukanlah olahraga secara teratur karena bisa mencegah penurunan fungsi otak. Tim peneliti dari Beckman Institute dari University of Illinois, Amerika Serikat mereview beberapa penelitian tentang hubungan olahraga dengan fungsi otak. Mereka menemukan bahwa aerobik bisa meningkatkan kerja otak dan menambah volume jaringan pada otak. Selain aerobik, berjalan juga cukup efektif mengoptimalkan kerja otak.
Tips : Berjalanlah minimal 3 kali dalam satu minggu selama 50 menit. Tidak hanya membuat badan menjadi sehat, kerja otakmu semakin maksimal.

2. Sikat gigi
Menurut tim dari “British psychiatrists and dentists”, kesehatan gigi dan mulut berhubungan langsung dengan kesehatan otak. Hal itu diketahui setelah tim melakukan survei pada orang berusia 20 hingga 59 tahun. Peneliti menemukan gingivitis dan penyakit gigi lain berefek buruk pada fungsi kognitif otak seseorang di kemudian hari.
Tips: Sikat gigi setiap kamu selesai makan. Jangan biarkan sisa makanan menempel di gigi karena bisa memicu lubang pada gigi dan mengganggu fungsi kognitif otak.

3. Mengisi TTS /Puzzle
Mengisi teka teki silang atau bermain puzzle dapat merangsang kemampuan kognitif otak. Percobaan yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Alabama yang melibatkan 3.000 lansia pria dan wanita, menunjukkan bahwa setelah mengisi TTS atau bermain puzzle selama 60 hingga 75 menit otak bekerja lebih optimal.
Tips : Saat waktu senggang, bermainlah puzzle atau mengisi TTS Kompas Minggu. Kegiatan tersebut bisa memberikan tantangan pada otakmu. Agar suasana seru, ajaklah pasangan atau temanmu yang pintar mengisi TTS.

4. Meditasi

Tidak hanya mengurangi stres dan tekanan pada pikiran, meditasi juga meningkatkan kerja lapisan korteks pada otak. Hal itu diketahui dari penelitian yang dilakukan tim dari Massachusetts General Hospital. Penelitian menunjukan seseorang yang sering bermeditasi kerja korteks lebih maksimal dibandingkan yang tidak bermeditasi.
Tips : Meditasi baiknya dilakukan 40 menit setiap hari, tetapi kamu bisa menggantinya dengan shalat dhuha selama 15 menit sebelum berangkat kuliah. Shalatlah dengan perlahan dan tuma’ninah, pejamkan mata, ambil nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan.

5. Mendengar Musik

Leonardo da Vinci berpikir dengan cara menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Dengarkanlah musik yang memiliki tempo lambat yang kamu sukai sambil belajar atau mengerjakan tugas. Cara ini lebih memaksimal kan kinerja kedua otak sehingga semua menjadi seimbang dan tetap fokus.

6. Pola Makan yang Baik
Berilah otakmu makanan yang mengandung anti oksidan dan omega 3 untuk memaksimalkan daya kerja saraf… sehingga otak mampu meningkatkan kinerjanya sampai kebatas maksimal.

7. Menggali Ingatan
Lihatlah kembali album foto lama atau buku tahunan sekolahmu. Otakmu adalah sebuah mesin ingatan, jadi biarkanlah ia bekerja supaya tidak menciut jumlah selnya. Ketika mendapat informasi yang baru, usahakan untuk membuat kaitan dengan informasi yang lama… Jadikanlah sesuatu yang telah kamu hafal sebagai tempat bergantung dan terus diulang tanpa harus melupakannya. Caranya adalah dengan mengingat informasi secara terus menerus sehingga kita membangun bank memori di otak kita…

8. Kreativitas

Kemampuan kreatif seringkali membuat kita dapat mengolah dan mengadaptasi solusi dari satu bidang ke bidang lainnya, dan dari satu pengalaman ke pengalaman yang lainnya sehingga otak akan terus ter-asah kemampuannya. Mempelajari dan mengulang atau melatih pelajaran dan keahlian yang baru dapat mengubah sistem organisasi di dalam otak. Latihan berkesinambungan membuat daya kerja otak meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melatih otaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: