Be Excellent!

Semangat dan gairah untuk berhasil ternyata bisa dipacu dengan sikap dan aksi yang tepat. Hari ini bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Suska Riau, setiap mahasiswa baru fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan seluruh civitas akademika FST menghadiri kuliah umum dengan narasumber Prof. Ir. Lilik Hendrajaya, MSc, PhD. Beliau adalah guru besar di ITB Bandung dan mantan rektor di institusi yang sama.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan mahasiswa untuk memacu semangat. Salah satunya dengan meneriakkan nama diri sendiri dan be excellent! ketika akan berangkat ke kampus. Teriakan yang keras ini akan membakar semangat dan secara psikologis memacu mahasiswa untuk melakukan yang terbaik hari ini. Ini mirip seperti mujahid yang berteriak Allahu Akbar! ketika maju ke medan perang fi sabilillah.

Motivasi adalah yang mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu. Imam Al Ghazali menamakan motivasi ini sebagai gerak hati, yakni sesuatu yang mendahului niat. Motivasi yang benar akan menimbulkan niat yang benar. Niat yang benar adalah satu dari dua syarat diterimanya sebuah amal ibadah. Bukankah Rasulullah mengatakan bahwa setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya.

Niat seringkali salah diartikan sebagai kata serius, sehingga orang yang tidak serius dikatakan gak niat. Padahal niat yang benar karena Allah akan membuat aktivitas sehari-hari yang bukan ibadah akan menjadi ibadah. Jadi seorang mahasiswa tidak boleh meremehkan masalah niat ini. Apapun aktivitas positif yang dilakukan mahasiswa di kampus akan dihitung sebagai ibadah dan ini tentu saja menjadi bekal untuk kehidupan yang selanjutnya.

2 responses to this post.

  1. Iya nih pak Dosen, semoga NIAT dan MOTIVASI saya kuliah bisa BENAR..
    maklum seorang dosen kalau sudah jadi mahasiswa, ya..kayak mahasiswa lagi,hehe…
    inginnya nilai A tapi kok MALAS ya???hahaha…
    jadi MALU nih ;o)
    SEMANGAT..SEMANGAT..SEMANGAT..
    NEGARA dan BANGSA menunggu hasil karya terbaik kita sebagai anak bangsa..
    SUPER SEL cing…hehehehe.. kan bisa MAKMUR negara ini,kalau bisa menjadi pengekspor
    tunggal untuk PANEL SOLAR SEL yang HANDAL dan MURAH..dan PASARNYA..DUNIA/LUAS banget kan..

    YUP…MIMPI yg harus sama2 di ujudkan..atau saya mulai saja sendiri dulu, dengan konsep SUPER SEL ku..ups..maaf ke PD-an, nih..hehehe….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: