Tips Mengajukan Pertanyaan

Kebanyakan mahasiswa segan untuk mengajukan pertanyaan pada waktu mengikuti kuliah. Hal ini dapat dimengerti. Mungkin Anda belum mempelajarinya sebelum kuliah. Atau mungkin Anda mengantuk hingga kurang perhatian. Bila nekad mengajukan pertanyaan mungkin pertanyaan itu akan menunjukkan bahwa Anda tidak memperhatikan. Dalam situasi ini, Anda hanya dapat menunggu apa yang akan terjadi kemudian.

Situasinya akan berbeda bila Anda telah membaca materi handout dan mengikuti kuliah dengan seksama. Ketika membaca materi handout mungkin mendapatkan suatu hal yang Anda tidak tahu pasti. Hal ini terjadi karena cara berpikir Anda tidak sejalan dengan jalan pikiran dosen, meskipun Anda telah berusaha memahaminya. Berilah tanda, terserah bentuknya, pada bagian yang Anda tidak tahu pasti itu.

Buatlah catatan singkat tentang pertanyaan Anda. Pertanyaan inilah yang Anda ajukan kepada dosen. Mungkin pula beberapa mahasiswa akan mengajukan pertanyaan yang sama. Akan menguntungkan banyak pihak bila Anda bisa mendesak dosen untuk memberi penjelasan tambahan yang lebih lengkap.

Ajukanlah pertanyaan pada waktu yang tepat. Jangan bertanya pada waktu diadakan suatu penjelasan, tapi tunggulah pada saat yang baik. Walaupun dosen tidak memberi kesempatan  untuk bertanya, tapi ada saat-saat tertentu Anda dapat mengajukan pertanyaan tanpa mengganggu kuliah. Ajukanlah pertanyaan sebelum dosen berpindah ke topik lain. Dosen tidak akan senang jika ia harus mengulangi penjelasannya.

Dengarkanlah jawabannya dengan seksama dan teliti apakah masalahnya menjadi jelas bagi Anda. Jika tidak demikian, lanjutkanlah dengan pertanyaan lain sampai segala sesuatunya jelas benar. Buatlah catatan singkat tentang jawaban yang diberikan oleh dosen. Jangan lupa bahwa Anda juga dapat banyak belajar dari pertanyaan yang diajukan oleh teman Anda. Bila ada, maka penting juga mendengarkan jawaban pertanyaan itu.

Apabila bahan kuliah itu sangat sulit, cobalah bersama beberapa teman untuk berdiskusi  menyusun pertanyaan-pertanyaan secara lisan atau tulisan dan mengajukannya ke dosen. Tentu saja hal ini tidak selalu harus dilakukan. Tetapi bila dengan sebuah usaha Anda dapat menghadapi ujian dengan sukses, maka usaha itu kiranya tidaklah sia-sia. Jangan lewatkan tips berikutnya, yakni tips membaca buku. Selamat mencoba!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: