Menikmati Libur Kuliah

Di saat libur seperti ini, banyak cara dilakukan mahasiswa untuk menikmatinya. Umumnya waktu liburan digunakan mahasiswa untuk pulang kampung melepas rindu pada sanak saudara. Namun di tengah liburan semester genap ini, ada sejumlah mahasiswa yang tak ingin waktu liburnya terbuang sia-sia. Mereka menikmatinya dengan beragam aktivitas. Apa saja ya?

Pertama, mengambil kuliah semester pendek. Ini pilihan paling bijaksana jika ingin cepat selesai kuliah dengan nilai yang memuaskan. Makin cepat selesai, makin banyak yang bisa dikerjakan sebelum menikah kelak. Banyak hal yang lebih seru kalau dilakukan sebelum menikah. Misalnya, mengejar karir, kuliah S2 ke luar negeri atau melanglang buana seperti Ikal dalam novel tetralogi  Laskar Pelangi.

Other than that, mengambil kursus pelatihan singkat yang menunjang kuliah. Misalnya kursus teknik komputer dan bahasa Inggris. Atau ikut pelatihan agama Islam, seperti pesantren kilat atau kursus bahasa arab intensif. Mereka yang punya keahlian bukannya mengambil kursus tapi malah memberikan pelatihan.

Mahasiswa yang lain bekerja part time selama liburan. Ada yang di toko komputer, toko buku (biasanya tahun ajaran seperti sekarang lagi ramai) atau distributor majalah dan surat kabar. Selain menambah uang saku kerja part time juga menambah pengalaman. Kalau di Australia, liburan musim panas adalah kesempatan mengumpulkan uang dengan bekerja memetik buah di perkebunan atau memerah susu sapi dan domba di dairy farm.

Tentu saja yang banyak dipilih mahasiswa adalah mengunjungi handai taulan alias pulang kampung. Di kampung bisa bertani bercocok tanam atau ke laut menangkap ikan. Mungkin kulitmu jadi tambah gelap, tapi tak mengapa yang penting hati tetap putih. Untuk amannya kamu pakai kaca mata hitam dan salep anti sinar matahari yang banyak tersedia di toko obat dan kosmetik.

Last but not least, kalau lagi sakit dan tak bisa kemana-mana kamu bisa bersih-bersih kamarmu yang mungkin sudah satu semester tidak pernah dipel. Atau kamu ganti posisi dekorasi kamarmu, buat kalender planner  atau resolusi semester baru. Jangan lupa pasang poster yang besar di samping meja belajarmu, berisikan slogan atau motto yang menimbulkan semangat belajar. Misalnya, Cintaku ada di buku teksbook atau  Membaca buku membuat hatiku bahagia atau Aku belajar maka aku bisa dan lain-lain. Suasana baru akan menimbulkan semangat baru, silakan mencoba!

2 responses to this post.

  1. bener tu pak, N jgn lupa pakai oriflame aja klu takut hitam,.😀

    Reply

  2. klu mau pesan silakan kirim ke e-mail qu, hehehe…🙂😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: